POTENSI DESA KAMPALA

  • May 04, 2024

POTENSI

      a.  PotensiSumberDayaAlam

    Potensi merupakan sesuatu yang sangat  besar manfaatnya  dimiliki suatu daerah atau wilayah, dimana potensi tersebut mampu memberikan konstribusi dalam pembangunan untuk mencapai tujuan pemerintahan. Sebagai contoh di Wilayah Pemerintah Desa Kampala terdapat beberapa potensi sumber daya alam yang bisa dikelola untuk mendapatkan keuntungan guna membiayai pemerintahan yang merujuk kepada pemerintahan DESA MANDIRI. Sebagai penulis kami sadar bahwa membangun Desa Mandiri itu tidak semudah membalik telapak tangan, akan tetapi kami yakin bahwa pemerintah yang mampu menggali potensi sumber daya alam yang berada dalam wilayahnya, tidak berat melakukan gerakan perubahan untuk berjuang mensejahterahkan rakyatnya.

Ada beberapa potensi besar yang dimiliki Desa Kampala sebagai berikut :

  1. Objek wisata AIR Panas di Dusun Pao.
  2. Memiliki sungai dimana kaya akan material seperti batu, pasir, batu kali, sirtu
  3. Memiliki Gunung Batu.
  4. Memiliki sumber mata air yang bisa dijadikan sebagai perusahaan air minum.

         Dan masih banyak potensi dibidang lain seperti, pertanian, perkebunan, peternakan.

         PeningkatkanPendapatan Asli Desa (PAD)dipengaruhi kemampuan mengelola Potensi Sumber DayaAlam dalam suatu wilayah. BismillahirrahmanirrahimDesa Kampala ke depan menuju Gerbang Desa Mandiri. ​​​​​​

b. Sumber Daya Manusia

       Desa Kampala memiliki sumber daya manusia yang kompleks. Secara umum, potensi sumber daya manusia masyarakat Desa Kampala dapat diklasifikasikan berdasarkan karakteristik; mata pencaharian, tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi. Mata pencaharian masyarakat Desa Kampala terdiri dari petani, peternak, wiraswasta, pegawai negeri sipil, TNI, Polri, buruh, pelajar, mahasiswa dan tenaga honorer, serta pengangguran terselubung. Tingkat pendidikan masyarakat desa kampala diantaranya lulusan strata dua (S2), starata satu (S1), diploma, SMU/Sederajat, SLTP/Sederajat, SD/MI, dan masih ada yang tidak memiliki pendidikan formal. Adapun startifikasi ekomomi masyarakat Desa Kampala, dapat digolongkan sebagai berikut: sejahtera, pra sejahtra,miskin.                  

c.    Secara ringkas potensi yang ada di Desa Kampala sebagai berikut  :

            1.  Adanya Sarjana lulusanperguruan tinggi.

 Ini merupakan modal SDM yang mumpuni memegang peranan di berbagai jenis pekerjaan

2.  Sumber daya Usiaproduktif baiklaki-lakimaupun perempuan.

 Jumlah penduduk yang besar merupakan potensi yang besar pulabagi ketersediaan tenaga kerja di Desa Kampala apabila diiringi dengan peningkatan kualitas SDM, maka akan menjadi salah satu kekuatan pembangunan.

 3.  Adanya berbagai jenis sektor usaha yang berkembang di desa Kampala, seperti perdagangan, perakitan kapal nelayan, jasa keuangan dan jasa lainya yang tumbuh di desa Kampala.

 4.  Adanyakaderkesehatanposyanduyangbisamenunjang taraf dan pelayanan kesehatan warga dan mengurangiresikokematian disaatmelahirkan.

  5.  UnsurkelembagaanyangsudahlengkapmulaidariPerangkatDesa,BPD, LKMD,PKK,Posyandu/Pustu,KelompokNelayan,BUMDes.

   6.  Hasil pembangunan sebagai modal dasar

                 Hasil-hasil pembangunan baik fisik maupun non fisik yang telah dicapai oleh Pemerintah Desa selama ini dapat dijadikan sebagai modal dasar bagi tahapan pembangunan selanjutnya namun masih banyak yang harus diperbaiki terutama dermaga nelayan dan kapal transportasi masyarakat.

       1.  Adanya potensi sumber daya alam dan sumber potensi ekonomi lainnya.

            Potensi sumber daya alam dan potensi ekonomi yang ada di Desa Kampala terutama dibidang kelautan atau nelayan, yang dapat dikembangkan untuk pembangunan Desa masa kini dan masa yang akan datang.

  1. Budaya Keterbukaan

Adanya budaya keterbukaan masyarakat Kampala akan menjadi bekal kejujuran serta mau menghargai dan pendapat pihak lain yang bersifat konstruktif.

       3.  Rasa Kekeluargaan, persaudaan dan kebersamaan

  Terpeliharanya rasa persatuan kekeluargaan, persatuan dan kebersamaan masyarakat Kampala baik yang berada di daerah maupun luar daerah (merantau), menandakan masyarakat memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk membangun kekuatan rakyat dalam rangka mewujudkan pembangunan.

       4.  Kehidupan yang religius

            Kehidupan religius yang sudah terbangun dalam diri masyarakat Desa Kampala dapat menjadi peranan yang central dalam pembangunan, dan mejadi landasan moral dan etika dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun kemasyarakatan.

       5.  Ketersedian lahan

  Desa Kampala lahan kelautan yang cukup luas yang dapat digunakan untuk mengembangkan ekonomi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan pegunungan yang luas dan memiliki pepohonan sehingga kelestarian lingkungan dan keseimbangan  iklim dapat terjaga

  Lahan Pantai memungkinkan untuk perluasan pemukiman yang memiliki pantai dangkal dan bebatuan mengingat bahwa pemukiman di Desa Kampala secara keseluruhan pemukiman memiliki padat penduduk